Kapal Singapura Selundupkan 36 Ribu Botol Miras

  • Berita
  • 0
  • 15 Jun 2012 06:52
Liputan6.com, Jakarta: Sedikitnya 36 ribu botol minuman keras asal Korea dan Cina disita petugas bea dan cukai Pelabuhan Tanjungpriok, Jakarta Utara, Kamis (14/6). Puluhan ribu botol Miras ini disita dari kapal berbendera Singapura sesaat bersandar di pelabuhan.

Humas Bea dan Cukai Pelabuhan Tanjungpriok, M Agus Rofiudin mengatakan minuman keras yang berkadar alkohol hingga 19,5 persen tersebut dikemas dalam ratusan kardus dan dimasukkan ke dalam peti kemas. Selain itu, pemasok asal Singapura juga ditangkap petugas.

Terungkapnya kasus penyelundupan ini bermula dari kecurigaan petugas terhadap dokumen pemberitahuan pabean yang diserahkan tersangka. Kepada petugas, tersangka mengaku bahwa isi peti kemas tersebut adalah alat pengering rambut yang didatangkan dari Singapura. Namun, setelah digeledah petugas mendapati puluhan ribu botol miras.

Tersangka kini masih diperiksa secara intensif guna menguak beberapa pihak lain yang diduga ikut terlibat. Tersangka akan dijerat dengan undang-undang nomor 10 tahun 1995 tentang kepabeanan dengan ancaman hukuman delapan tahun penjara atau denda sedikitnya lima miliar rupiah.(ADI/Vin)
Comments 0
Sign in to post a comment