Polisi Bongkar Sindikat Penipuan Undian Berhadiah

on Mar 09, 2012 at 08:25 WIB

Liputan6.com, Surabaya: Masyarakat mesti waspada dengan aksi penipuan berkedok kupon berhadiah. Di Surabaya, aparat Polsek Genteng membongkar sindikat penipuan bermodus kupon undian berhadiah mobil.

Selain meringkus sebelas tersangka, polisi juga menyita berbagai jenis barang bukti berupa alat-alat pembuatan kupon dan ratusan kupon yang siap diedarkan.

Terungkapnya sepak terjang komplotan ini bermula ketika salah seorang tersangka, Arfan, terjaring razia kendaraan bermotor di kawasan Jalan Genteng Kali, Surabaya. Saat diperiksa, di bagasi motornya ditemukan ratusan kupon undian berhadiah tersimpan di tas plastik.

Dalam aksinya, mereka memiliki peran masing0-masing. Mulai mencetak kupon palsu, menyebarkan kupon berhadiah ke masyarakat, hingga ada yang bertugas sebagai penerima telepon dari para korban yang berhasil mereka perdayai. 

Modus sindikat ini dengan melempar kupon-kupon undian berhadiah ke rumah-rumah atau dimasukkan lewat makanan ringan. Masyarakat yang masuk perangkap penipuan komplotan ini lalu menghubungi lewat telepon. Selanjutnya mereka diminta mentransfer sejumlah uang.

Dari catatan buku milik para tersangka, tertulis lebih dari 50 nama dan nomor rekening para korban. Diduga sudah ratusan juta rupiah uang yang berhasil mereka dapatkan dari para korban.

Selain meringkus tersangka, polisi juga menyita sejumlah alat untuk mencetak kupon palsu, daftar korban, serta puluhan telepon genggam yang digunakan dalam tindak kriminal ini. (YUS)

Suka artikel ini?

0 Comments