Korupsi, Pejabat Dinas Pertanian Sumedang Dibui

  • Berita
  • 0
  • 11 Nov 2010 23:49

101111ekorupsi.jpg
Liputan6.com, Sumedang: Akay Surya, pejabat eselon tiga Dinas Pertanian Sumedang, Jawa Barat, dijebloskan ke lembaga pemasyarakatan setelah menjadi tersangka dalam kasus korupsi pemberdayaan pesantren, Kamis (11/11) petang. Istri dari Akay sempat mengamuk kepada sejumlah wartawan yang sedang meliput suaminya saat dijebloskan ke LP Sumedang. Istri tersangka berkilah suaminya tidak bersalah dalam kasus yang dituduhkan.

Akay ditetapkan sebagai tersangka usai menjalani pemeriksaan tertutup selama delapan jam di Kejaksaan Negeri Sumedang. Kepala Bidang Tanaman Pangan di Dinas Pertanian Sumedang ini diduga telah mengorupsi dana pengadaan traktor dan bibit tanaman untuk pemberdayaan 14 pesantren di Sumedang pada tahun 2009, sehingga merugikan negara sebesar Rp 200 juta.

Modus yang dilakukan tersangka adalah dengan meminta bagian kepada pesantren yang menerima bantuan dari Departemen Pertanian sebesar 7 hingga 10 persen dengan dalih uang pelicin. Uang komisi yang diterima ternyata digunakan untuk kepentingan pribadi.(ADO)