by

Tiga Tahun Penjara untuk Mantan Kasat Reskrim

  • Berita
  • 0
  • 01 Jun 2010 22:39
Liputan6.com, Martapura: Mantan Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Kepolisian Resort Banjar Polda Kalimantan Selatan AKP Dadang Widyo Prabowo divonis penjara selama tiga tahun atas pemerkosaan yang dilakukannya. Selain harus menjalani hukuman penjara dikurangi masa tahanan selama tujuh bulan yang dijalaninya di LP Anak Klas IIA Martapura, perwira pertama Polri itu juga dikenakan denda sebesar Rp 60 juta subsider tiga bulan kurungan penjara.

Ketua Majelis Hakim, Jarot yang memimpin jalannya sidang, Selasa (1/6) siang menilai perbuatan terdakwa memenuhi unsur-unsur yang didakwakan. Vonis yang dijatuhkan lebih ringan satu tahun dari tuntutan jaksa yang menuntut terdakwa dihukum empat tahun penjara dikurangi masa tahanan dan denda Rp 60 juta subsider tiga bulan kurungan.

Atas vonis itu, tim penasihat hukum terdakwa yakni Sumartono, Happy Triyanti, Herry Risnadi dan Muhammad langsung menyatakan banding dan menyiapkan langkah-langkah hukum lebih lanjut. Sebelumnya, tim penasihat hukum terdakwa dalam nota pembelaan menyatakan bahwa dakwaan dan tuntutan JPU tidak dapat dibuktikan unsur-unsurnya.

Mereka berkeyakinan terdakwa tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan kekerasan atau ancaman kekerasan memaksa anak untuk bersetubuh dengannya. Selain itu, terdakwa tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan kekerasan atau ancaman kekerasan memaksa seorang wanita untuk bersetubuh diluar pernikahan dengannya yang dilakukan secara berlanjut.

Peristiwa memalukan yang dilakukan terdakwa terjadi pada minggu pertama November 2009 di lingkungan Asrama Polisi Tanjung Rema Martapura yang menimpa korban berinisial Pon, seorang gadis asal Lampung yang diduga diperkosa terdakwa.(ADO/Ant)
Comments
Sign in to post a comment