Dukun Palsu di Magelang Ditangkap

  • Berita
  • 0
  • 20 Nov 2009 11:21
Liputan6.com, Magelang: Bernard Sulistyo Saisab, warga Tambaksari, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (20/11), diamankan ke Mapolres Magelang, Jawa Tengah, karena dituduh sebagai dukun palsu. Kedok tersangka dibongkar jsutru ketika akan menyebuhkan seorang warga Gulon, Painem.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Magelang Inspektur Satu Aris Suwarno menjelaskan, pelaku meminta sejumlah persyaratan untuk ritual. Namun, barang-barang justru tidak ditanam di tanah dan dibungkus kain putih seperti dijanjikan tersangka. Tapi, malah dibawa kabur.

Di depan polisi, tersangka mengaku memanfaatkan perilaku sebagian warga yang mudah percaya pada praktek perdukunan. Padahal, ia mengaku tak menguasai soal pengobatan penyakit. Kepada calon korbannya, ia meminta imbalan uang sebesar Rp 300 ribu dengan dalih untuk membeli bawang putih, beras, dan garam, sebagai syarat menggelar ritual.
 
Perbuatan tersangka dianggap melanggar pasal 378 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana kasus penipuan dengan ancaman hukuman empat tahun penjara. Sejumlah benda, seperti bawang putih, beras, garam, dan sejumlah uang, disita petugas untuk dijadikan barang bukti.(BJK/SHA)
 
Comments 0
Sign in to post a comment