Isu Santet, Satu Keluarga Diincar Warga

  • Berita
  • 0
  • 19 Nov 2009 22:55

091119esantet.jpg
Liputan6.com, Probolinggo: Setelah sempat mereda selama beberapa hari, isu santet di Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Probolinggo, Jawa Timur, kembali menyeruak. Salah seorang warga yang sebelumnya diisukan sakit karena disantet, akhirnya meninggal dunia.

Sejumlah polisi bersenjata lengkap diturunkan ke rumah Musi, lelaki yang dituduh warga memiliki ilmu santet. Warga bahkan sempat melempari rumah ini dengan batu. Warga marah menyusul kematian Matlawi, warga setempat yang sebelumnya diduga sakit karena santet kiriman Musi. Kematian Matlawi juga menyebabkan salah satu anggota keluarganya histeris dan nyaris pingsan.

Menurut Kapolres Probolinggo AKBP Afriandi, polisi sudah mengupayakan perundingan untuk mendamaikan antara keluarga Musi dan warga. Polisi juga sudah mengungsikan keluarga Musi untuk menghindari amuk warga. Demi meredam gejolak, sejumlah ulama juga diturunkan. Para ulama ini meminta warga agar segera menghentikan isu santet yang nyata-nyata telah menebar fitnah di antara mereka.

Sebelumnya warga mengusir keluarga Musi setelah menuding keluarga ini memiliki ilmu santet yang menyebabkan Matlawi sakit parah. Tuduhan ini berawal dari mimpi Matlawi yang menyebut keluarga Musi sebagai penyebab sakit yang dialaminya. Mimpi ini berkembang menjadi isu santet, meski secara medis Matlawi didiagnosis menderita berbagai penyakit [baca: Dituduh Berilmu Santet, Musi Diusir].(TES/YUS)